Syarat dan Ketentuan

1. Definisi
  1. 1.1 SUSEN Indonesia adalah Produk dari PT Home Center Indonesia, yaitu perseroan terbatas yang didirikan secara resmi berdasarkan hukum Indonesia.
  2. 1.2 Platform SUSEN Indonesia adalah sistem yang dapat digunakan oleh Pengguna untuk menggunakan layanan yang disediakan SUSEN Indonesia, yakni situs www.susen.co.id.
  3. 1.3 Toko adalah pihak yang bekerja sama dengan SUSEN Indonesia sebagai penyedia Produk yang dijual di Platform SUSEN Indonesia.
  4. 1.4 Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan SUSEN Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli ataupun hanya sekadar mengakses informasi atau konten yang ada di Platform SUSEN Indonesia.
  5. 1.5 Syarat dan Ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan SUSEN Indonesia yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab, dan tata cara bagi Pengguna dan SUSEN Indonesia dalam menggunakan layanan SUSEN Indonesia.
  6. 1.6 Konten adalah semua materi atau informasi yang ada dalam atau tersedia melalui Platform SUSEN Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada teks, grafik, logo, ikon, gambar, klip audio, unduhan digital, penggabungan data, perangkat lunak, dan semua hak kekayaan intelektual dalam Platform SUSEN Indonesia.
  7. 1.7 Produk adalah barang berwujud/memiliki fisik atau layanan di Platform SUSEN Indonesia yang disediakan oleh SUSEN Indonesia, Toko, dan/atau penjual terdaftar yang dapat dibeli oleh Pengguna.
  8. 1.8 Pembelanjaan adalah transaksi pembelian Produk yang dilakukan Pengguna melalui Platform SUSEN Indonesia.
  9. 1.9 Pesanan adalah hasil dari Pembelanjaan Produk oleh Pengguna melalui Platform SUSEN Indonesia yang harus dipenuhi oleh SUSEN Indonesia. Satu Pesanan memiliki satu nomor Pesanan yang unik.
2. Akun
  1. 2.1 Pada saat melakukan pendaftaran akun, Pengguna menyatakan bahwa:
    1. a. Pengguna adalah individu yang telah mencapai usia 18 (delapan belas) tahun atau lebih pada saat menggunakan layanan SUSEN Indonesia ataupun pengguna di bawah usia 18 tahun tetapi sudah memperoleh persetujuan dari orangtua/wali.
    2. b. Pengguna adalah individu/badan hukum/badan usaha dengan legalitas sebagaimana disyaratkan oleh hukum dan peraturan yang berlaku di wilayah hukum Republik Indonesia.
    3. c. Pengguna menyatakan bukan individu dan/atau badan hukum yang dilarang oleh hukum negara Republik Indonesia untuk menerima atau menggunakan layanan SUSEN Indonesia.
    4. d. Pengguna menyatakan bahwa semua informasi dan/atau dokumen yang diisi atau disampaikan kepada SUSEN Indonesia adalah akurat, benar, lengkap, terkini, dan sesuai.
  2. 2.2 Pengguna bertanggung jawab secara penuh terhadap kerahasiaan informasi akun Pengguna, termasuk alamat email, sandi, kode voucher, membership, dan hal lainnya.
  3. 2.3 SUSEN Indonesia berhak untuk melakukan pemeriksaan terkait kebenaran, keabsahan informasi, atau dokumen yang diserahkan kepada SUSEN Indonesia. Jika ditemukan adanya penipuan atau ketidaksesuaian berdasarkan penilaian SUSEN Indonesia, maka SUSEN Indonesia berhak mengakhiri, membatalkan, atau memblokir akses dan akun Pengguna ke layanan SUSEN Indonesia.
  4. 2.4 Pengguna dapat mengubah informasi akun seperti nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pengguna hanya diperkenankan menggunakan satu alamat email untuk didaftarkan pada Platform SUSEN Indonesia.
  5. 2.5 SUSEN Indonesia tidak memungut biaya atas pendaftaran ataupun perubahan informasi akun kepada Pengguna.
  6. 2.6 SUSEN Indonesia berhak untuk melakukan verifikasi nomor telepon dan alamat email Pengguna menggunakan one time password (OTP).
3. Pengguna Layanan
  1. 3.1 Pengguna setuju untuk mematuhi setiap kebijakan, prosedur, pedoman, instruksi, dan pemberitahuan yang berkaitan dengan layanan SUSEN Indonesia.
  2. 3.2 Akses pada layanan ini hanya diperkenankan untuk keperluan dan kepentingan berbelanja serta informasi yang terkait dengan layanan SUSEN Indonesia.
  3. 3.3 Pengguna dilarang memuat atau menerbitkan konten yang melanggar hak cipta, hak paten, merek dagang, merek layanan, rahasia dagang, atau hak kekayaan intelektual lainnya.
  4. 3.4 Pengguna dilarang menggunakan atau mengunggah perangkat lunak atau material yang mengandung/dicurigai mengandung virus, komponen merusak, kode berbahaya, atau komponen berbahaya lainnya dengan cara apapun yang dapat merusak data, mengakibatkan kerusakan, atau mengganggu pengoperasian komputer Pengguna atau perangkat mobile Pengguna lainnya.
  5. 3.5 SUSEN Indonesia berhak untuk memantau, menyaring, atau mengontrol setiap aktivitas, isi, atau materi yang terdapat pada SUSEN Indonesia.
  6. 3.6 SUSEN Indonesia berhak melakukan tindakan yang dianggap tepat dan sesuai apabila terjadi penyalahgunaan layanan ataupun pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku.
4. Akurasi Produk
  1. 4.1 Pengguna memahami dan menyetujui bahwa keakuratan warna pada layar monitor dapat berbeda tergantung pada pencahayaan, pengaturan, atau resolusi pada layar monitor Pengguna sehingga ada kemungkinan warna Produk yang diterima dapat berbeda.
  2. 4.2 Pengguna memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan Produk yang tertera pada Platform SUSEN Indonesia mungkin tidak sesuai dengan ketersediaan aktual yang disebabkan oleh beberapa hal seperti Produk rusak/cacat, kesalahan sistem, atau kesalahan teknis lainnya. Sehubungan dengan itu Pengguna menyetujui bahwa SUSEN Indonesia berhak mengalihkan, menolak, atau membatalkan Pesanan terkait.
  3. 4.3 Pengguna memahami bahwa SUSEN Indonesia selalu melakukan upaya terbaik untuk memastikan ketepatan/kesesuaian semua rincian, deskripsi, dan harga yang terdapat pada layanan SUSEN Indonesia.
  4. 4.4 Apabila terjadi ketidaktepatan/ketidaksesuaiaan pada informasi produk, maka SUSEN Indonesia berhak menolak/membatalkan Pesanan.
5. Harga dan Layanan
Harga yang tertera pada produk merupakan harga produk atau sesuai dengan rincian, deskripsi, kuantitas, atau informasi yang terdapat pada produk tersebut dan tidak termasuk biaya pengiriman, biaya packing, dan biaya layanan.
6. Pembayaran
  1. 6.1 SUSEN Indonesia bekerja sama dengan penyedia jasa perbankan/layanan pembayaran yang terpercaya dalam menyediakan berbagai metode pembayaran di Platform SUSEN Indonesia yang dapat digunakan oleh Pengguna sesuai Syarat dan Ketentuan yang berlaku.
  2. 6.2 Pengguna menyetujui bahwa dalam melakukan Pembelanjaan, Pengguna wajib menggunakan dan berhak memilih metode pembayaran yang tertera pada Platform SUSEN Indonesia.
  3. 6.3 Pengguna wajib untuk membayar penuh atas setiap Pembelanjaan yang dilakukan dalam jangka waktu yang ditentukan untuk setiap metode pembayaran yang dipilih Pengguna. Jika Pengguna belum melaksanakan pembayaran dalam kurun waktu yang ditentukan, maka SUSEN Indonesia berhak menyatakan bahwa Pesanan telah dibatalkan oleh Pengguna.
  4. 6.4 Pengguna memahami dan menyetujui jika ada diskon harga atau keuntungan lain atas pesanan yang telah dibuat tetapi tidak melakukan pembayaran sampai batas waktu yang ditentukan maka pesanan akan dibatalkan.
  5. 6.5 Pengguna memahami dan menyetujui bahwa segala kerugian yang timbul akibat Pengguna tidak mengikuti metode pembayaran yang tertera pada Platform SUSEN Indonesia sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna.
  6. Virtual Account
  7. 6.6 Transfer ke virtual account dapat dilakukan melalui jaringan bank yang bekerja sama dengan SUSEN Indonesia yang tertera di Platform SUSEN Indonesia.
  8. 6.7 Pembayaran dengan metode virtual account tidak dapat dilakukan melalui setor tunai di bank.
  9. 6.8 Nilai minimum untuk melakukan transfer ke virtual account:
    1. a. Bank BCA : Rp 10.000.
    2. b. Bank lainnya : Rp 1.000.
  10. Kartu Kredit
  11. 6.9 Pembayaran dengan kartu kredit berlaku untuk kartu kredit yang berlogo VISA, MasterCard, atau JCB yang bekerjasama dengan SUSEN Indonesia.
  12. 6.10 Cicilan 0% selama 12 (dua belas) bulan untuk pengguna kartu kredit BNI, BCA, BRI, Bukopin, CIMB Niaga, Danamon, HSBC, Mandiri, OCBC NISP, Panin Bank, Permata, Standard Chartered, dan Digibank dengan minimum pembelanjaan Rp 3.000.000.
  13. 6.11 Cicilan 0% selama 6 (enam) bulan untuk pengguna kartu kredit BNI, BCA, BRI, Bukopin, CIMB Niaga, Danamon, HSBC, Mandiri, OCBC NISP, Panin Bank, Permata, Standard Chartered, dan Digibank dengan minimum pembelanjaan Rp 1.000.000.
  14. 6.12 Cicilan 0% selama 3 (tiga) bulan untuk pengguna kartu kredit BNI, BCA, BRI, Bukopin, Danamon, HSBC, Mandiri, OCBC NISP, Panin Bank, Permata, Standard Chartered, dan Digibank dengan minimum pembelanjaan Rp 500.000.
  15. 6.13 Konversi cicilan 0% di Platform SUSEN Indonesia membutuhkan waktu 7–14 hari kerja sejak pembayaran kartu kredit diterima oleh SUSEN Indonesia.
  16. 6.14 Jika Pengguna sudah memilih konversi cicilan 0%, tetapi Pembelanjaan tetap tertagih penuh dan/atau dikenakan bunga tagihan, maka Pengguna dapat menghubungi SUSEN Indonesia.
  17. Debit Online
  18. 6.15 Pembayaran dengan debit online berlaku untuk kartu debit yang berlogo VISA atau MasterCard yang bekerjasama dengan SUSEN Indonesia.
  19. Uang Elektronik
  20. 6.16 Pengguna dapat menggunakan OVO Cash, OVO Point, atau OVO PayLater untuk melakukan pembelanjaan di SUSEN Indonesia dengan minimum Pembelanjaan Rp10.000.
  21. 6.17 Pengguna dapat menggunakan Gopay untuk melakukan pembelanjaan di SUSEN Indonesia dengan minimum pembelanjaan Rp 10.000.
7. Pengiriman Pesanan
  1. 7.1 SUSEN Indonesia berupaya untuk mengirimkan Pesanan yang telah dibayarkan ke alamat pengiriman yang tertera pada pesanan Pengguna sesuai dengan estimasi waktu pengiriman yang tertera di Platform SUSEN Indonesia.
  2. 7.2 Jika Pengguna ingin mengajukan perubahan alamat pengiriman atas pesanannya maka akan dikenakan biaya atas selisih biaya pengiriman dan untuk detail biayanya bisa langsung menghubungi SUSEN Indonesia.
  3. 7.3 Dalam melakukan pengiriman Pesanan, SUSEN Indonesia menjalin kerja sama dengan suatu pihak ketiga penyedia jasa logistik. Segala bentuk keluhan terhadap kualitas jasa pengiriman adalah tanggung jawab penyedia jasa logistik yang bekerja sama dengan SUSEN Indonesia. Dan sehubungan dengan itu, Pengguna menyetujui untuk membebaskan SUSEN Indonesia dari segala tuntutan atas kerugian yang diderita Pengguna terkait proses pengiriman Pesanan tersebut.
  4. 7.4 Jika pada saat proses pengiriman Pesanan, terjadi kesalahan alamat pengiriman ataupun ketiadaan penerima yang diakibatkan oleh kesalahan/kelalaian Pengguna yang menyebabkan pengiriman Pesanan tidak dapat diselesaikan, maka SUSEN Indonesia akan melakukan konfirmasi terhadap Pengguna untuk melakukan perbaikan/perubahan. Jika pengguna tidak dapat dikonfirmasi dan kurir gagal kirim sebanyak dua kali, maka SUSEN Indonesia berhak untuk membatalkan Pesanan terkait. Pengiriman Reguler
  5. 7.5 Estimasi waktu pengiriman reguler adalah 2-5 hari kerja untuk area Jabodetabek dan 10-14 hari kerja untuk area di luar Jabodetabek.
  6. 7.6 Perhitungan berat Produk/Pesanan pada pengiriman regular :
    1. a. Berat timbangan dibandingkan dengan berat volumetrik, berat yang akan digunakan adalah berat yang lebih besar.
    2. b. Berat volumetrik dihitung dengan rumus dimensi Produk/Pesanan p x l x t (dalam cm) dibagi dengan 6000.
  7. Pengiriman GO-SEND
  8. 7.7 Pesanan Anda dapat dikirimkan menggunakan pengiriman GO-SEND dari Toko Informa yang berada di area:
    1. a) Jadetabek (sebagian wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi)
    2. b) Jawa Barat (sebagian wilayah Karawang dan Kota Bandung)
    3. c) Jawa Tengah (sebagian wilayah Semarang, Purwokerto, dan Tegal)
    4. d) Jawa Timur (sebagian wilayah Kediri, Malang, dan Surabaya)
    5. e) Sebagian wilayah Yogyakarta
    6. f) Bali (Denpasar & Kuta)
    7. g) Sulawesi (sebagian wilayah Makassar)
    8. h) Sumatera (sebagian wilayah Medan)
  9. 7.8 Jarak maksimum pengiriman dengan GO-SEND adalah 40 km dari lokasi pengiriman.
  10. 7.9 Pengiriman GO-SEND Instan
    1. a) Pengiriman GO-SEND Instant dapat dikirimkan di hari yang sama apabila pembayaran telah dilakukan sebelum pukul 15.59 WIB.
    2. b) Estimasi waktu pengiriman adalah 3 jam setelah Pesanan diambil oleh pengemudi.
    3. c) Ukuran maksimum pengiriman Produk untuk GO-SEND Instant adalah 70 cm (panjang) x 70 cm (lebar) x 50 cm (tinggi) dan berat maksimum 20 kg.
  11. 7.10 Pengiriman GO-SEND Same Day
    1. a) Pengiriman GO-SEND Same Day dapat dikirimkan di hari yang sama apabila pembayaran telah dilakukan sebelum pukul 12.59 WIB.
    2. b) Estimasi waktu pengiriman 6-8 jam setelah Produk diambil oleh pengemudi.
    3. c) Ukuran maksimum pengiriman barang untuk dan Same Day Delivery adalah 40cm (Panjang) x 40cm (Lebar) x 17cm (Tinggi) dan berat maksimal 5 kg.
8. Promosi
  1. 8.1 SUSEN Indonesia berhak untuk mengadakan kegiatan promosi dengan Syarat dan Ketentuan khusus yang berbeda-beda antara satu promosi dan promosi lainnya. Pengguna diharapkan untuk membaca secara seksama setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku pada promosi yang sedang berlangsung.
  2. 8.2 Satu Pelanggan hanya dapat mengikuti promo 1 kali dengan menggunakan 1 akun dengan verifikasi email dan/atau alamat dan/atau nomor handphone dan/atau ID pelanggan yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama dan/atau riwayat transaksi yang sama di Susen Indonesia.
  3. 8.3 Jika terjadi kesalahan promosi, termasuk namun tidak terbatas pada gambar, spesifikasi, harga, warna, kemasan, jumlah, kuota promosi, maka SUSEN Indonesia berhak membatalkan Pesanan yang terkait.
  4. 8.4 Jika diduga/ditemukan indikasi pelanggaran promosi yang dilakukan Pengguna yang merugikan SUSEN Indonesia, maka SUSEN Indonesia berhak melakukan tindakan sesuai dengan pasal 14 Pelanggaran.
9. Voucher
  1. 9.1 SUSEN Indonesia berhak menerbitkan, menetapkan Syarat dan Ketentuan khusus yang berbeda-beda antara satu jenis voucher dan jenis voucher lainnya untuk promosi, pemberian hadiah, atau kepentingan lainnya, seperti :
    1. (a) Terdapat voucher yang memiliki batas minimum Pembelanjaan untuk dapat digunakan dan voucher yang tidak memiliki batas minimum Pembelanjaan untuk dapat digunakan.
    2. (b) Terdapat voucher yang dapat digunakan oleh semua akun (dapat dipindahtangankan) dan voucher yang tidak dapat digunakan oleh akun lainnya (account binding).
    3. (c) Terdapat voucher yang dapat dikembalikan dan tidak dapat dikembalikan (hangus) jika terjadi pembatalan atau pengembalian Pesanan.
    4. (d) Terdapat voucher yang dapat digabungkan dan tidak digabungkan untuk penggunaannya.
    5. (e) Jenis voucher lainnya.
  2. 9.2 Pengguna dilarang memperjualbelikan voucher yang diberikan oleh SUSEN Indonesia dalam situasi dan kondisi apapun dan dengan cara apapun.
  3. 9.3 SUSEN Indonesia tidak bertanggung jawab atas kehilangan, pencurian, atau tidak terbacanya voucher yang telah diterima oleh Pengguna.
  4. 9.4 Jika voucher sudah melewati masa berlakunya atau expired, maka voucher tersebut sudah tidak dapat diperpanjang ataupun digunakan kembali.
  5. 9.5 Jika nominal Pembelanjaan lebih kecil daripada nominal voucher yang digunakan, maka selisih dari nilai voucher tersebut hangus.
  6. 9.6 Voucher yang dikembalikan memiliki masa berlaku serta syarat dan ketentuan yang sama dengan voucher yang digunakan.
  7. 9.7 Jika Pengguna sudah menggunakan voucher tetapi tidak menyelesaikan pembayaran hingga batas waktu yang ditentukan maka voucher akan hangus dan tidak dapat digunakan kembali (kecuali ditentukan lain sesuai kebijakan SUSEN Indonesia).
10. Pengalihan Pesanan
  1. 10.1 SUSEN Indonesia berhak mengalihkan Pesanan ke toko lainnya apabila Produk dalam Pesanan Pengguna tidak tersedia, termasuk namun tidak terbatas pada:
    1. (a) Produk Kosong; dan/atau
    2. (b) Produk Rusak; dan/atau
    3. (c) Produk Cacat; dan/atau
    4. (d) Produk Tidak Lengkap.
  2. 10.2 Apabila pada saat proses pengalihan Pesanan, SUSEN Indonesia tidak dapat melakukan penggantian terhadap Pesanan Pengguna karena ketidaktersediaan Produk sesuai dengan Zona, maka SUSEN Indonesia berhak melakukan pembatalan atas Pesanan dan melakukan pengembalian dana setelah konfirmasi ke Pengguna.
  3. 10.3 Jika terdapat perbedaan Zona sehingga mengakibatkan selisih harga dan tarif pengiriman berbeda, maka SUSEN Indonesia berhak menagihkan biaya kelebihannya kepada Pengguna berdasarkan konfirmasi.
  4. 10.4 Dalam melakukan pengalihan Pesanan, SUSEN Indonesia berhak mengubah metode pemenuhan Pesanan.
  5. 10.5 SUSEN Indonesia akan menginformasikan Pengguna melalui email apabila terjadi pengalihan Pesanan.
11. Pembatalan Pesanan
  1. 11.1 Pengguna menyetujui bahwa SUSEN Indonesia berhak membatalkan Pesanan Pengguna dikarenakan situasi dan kondisi apapun, termasuk namun tidak terbatas pada pasal 14 Pelanggaran yang tertera pada Syarat dan Ketentuan ini.
  2. 11.2 Pengguna dapat mengajukan pembatalan apabila status Pesanan belum dilakukan proses penyiapan.
  3. 11.3 Pengajuan pembatalan Pesanan oleh Pengguna hanya dapat dilakukan untuk seluruh produk pada Pesanan (tidak dapat dibatalkan untuk sebagian produk saja).
  4. 11.4 SUSEN Indonesia berhak menolak pengajuan pembatalan Pesanan apabila status pesanan sudah dalam proses penyiapan Pesanan.
  5. 11.5 Pembatalan Pesanan yang disetujui SUSEN Indonesia akan dilakukan pengembalian dana sesuai dengan metode pembayaran awal yang dipilih oleh Pengguna tetapi tidak berlaku untuk pembatalan Pesanan karena alasan pribadi.
12. Pengembalian Pesanan
  1. 12.1 Pengembalian Pesanan hanya dapat diproses apabila Pengguna melakukan pengajuan dalam waktu 7 (tujuh) hari :
    1. (a) Pengajuan retur dengan alasan pribadi tidak dapat dilakukan proses Refund jika Original Packing dalam kondisi sudah dibuka atau rusak dan tidak ada bukti transaksi.
    2. (b) Pengiriman Pesanan: sejak Pesanan diterima sesuai dengan dokumen pengiriman seperti Airway Bill, Delivery Order, atau Delivery Note.
  2. 12.2 Pengajuan pengembalian Pesanan hanya dapat diproses apabila Pengguna sudah melengkapi:
    1. (a) Foto Produk (minimum 3 (tiga) foto dari sisi yang berbeda).
    2. (b) Informasi dan kronologis kejadian yang terkait.
    3. (c) Alamat pengambilan Pesanan yang diajukan pengembaliannya.
  3. 12.3 Atas persetujuan SUSEN Indonesia, pengembalian Pesanan dapat diproses jika alasan pengembalian dan kondisi produknya sesuai dengan berikut:
    1. (a) Produk rusak, dan/atau
    2. (b) Produk cacat, dan/atau
    3. (c) Produk tidak sesuai dengan keterangan di website/aplikasi mobile, dan/atau
    4. (d) Produk tidak lengkap, dan/atau
    5. (e) Produk tidak sesuai Pesanan, dan/atau
    6. (f) Keterlambatan pengiriman, dan/atau
    7. (g) Alasan pribadi/berubah pikiran (Pengguna harus mengirimkan Pesanan sendiri ke alamat pengembalian yang ditentukan SUSEN Indonesia apabila pengembalian diajukan dengan alasan pribadi/berubah pikiran).
  4. 12.4 SUSEN Indonesia berhak menolak pengembalian pesanan jika produk mengalami kendala atau kerusakan yang disebabkan oleh kelalaian Pengguna seperti:
    1. (a) Kesalahan penggunaan; dan/atau
    2. (b) Terjatuh, terbentur, atau tergores; dan/atau
    3. (c) Terkena cairan; dan/atau
    4. (d) Kecelakaan; dan/atau
    5. (e) Bencana alam; dan/atau
    6. (f) Memodifikasi atau memperbaiki.
  5. 12.5 Kategori Produk yang tidak dapat dikembalikan adalah Voucher fisik.
  6. 12.6 Estimasi proses investigasi terhadap penanganan kerusakan pada saat penerimaan Produk adalah 14 (empat belas) hari kerja, kecuali ditentukan lain sesuai kebijakan SUSEN Indonesia.
13. Pengembalian Dana
  1. 13.1 Pengembalian dana akan dilakukan saat proses pembatalan/pengembalian pesanan telah diterima, diverifikasi dan disetujui oleh SUSEN Indonesia.
  2. 13.2 Metode pengembalian dana akan disesuaikan dengan metode pembayaran yang digunakan Pengguna saat melakukan pembelanjaan :
    1. a. Virtual Account akan dikembalikan berupa transfer dana ke rekening Pengguna dalam waktu 3-7 hari kerja.
    2. b. kartu Kredit akan dikembalikan berupa pengembalian saldo limit kartu kredit dalam waktu 7-14 hari kerja.
    3. c. Debit Online akan dikembalikan berupa transfer dana ke rekening Pengguna dalam waktu 3-7 hari kerja.
    4. d. OVO Cash/Point akan dikembalikan berupa OVO Cash/Point dalam waktu 3-7 hari kerja.
    5. e. Gopay akan dikembalikan berupa saldo Gopay dalam waktu 3-7 hari kerja.
  3. 13.3 Sehubungan dengan ayat 13.2, Pengguna juga dapat memilih metode pengembalian dana dalam bentuk voucher dengan estimasi penerbitan voucher 1-2 hari kerja sejak tanggal dikonfirmasi oleh SUSEN Indonesia.
  4. 13.4 Sehubungan dengan ayat 13.3 di atas, Pengembalian dana akan diproses melalui voucher belanja.
  5. 13.5 Jika Pengguna menggunakan voucher pada saat melakukan pembelanjaan, maka metode pengembalian dananya adalah berupa voucher sesuai dengan jenis, ketentuan, dan masa berlaku voucher yang masih berlaku sesuai ketentuan SUSEN Indonesia.
  6. Penggantian Biaya Kirim Pembelanjaan
  7. 13.6 SUSEN Indonesia akan mengganti biaya kirim yang dibayarkan Pengguna pada saat Pembelanjaan untuk setiap pembatalan atau pengembalian Pesanan yang terjadi, kecuali dalam kondisi sebagai berikut : +barang belum dikirim
    1. a. Pembatalan Pesanan diajukan oleh Pengguna.
    2. b. Pengembalian Pesanan diajukan Pengguna dengan alasan pribadi/berubah pikiran.
  8. 13.7 Pengembalian biaya kirim bersifat proporsional berdasarkan jumlah Produk pada Pesanan terkait sesuai kebijakan SUSEN Indonesia.
  9. Pembebanan atau Penggantian Biaya Kirim Retur
  10. 13.8 SUSEN Indonesia berhak membebankan biaya kirim untuk menjemput Pesanan yang diretur Pengguna apabila pengembalian Pesanan diajukan dengan alasan pribadi/berubah pikiran dan Pengguna setuju untuk menanggung biaya kirim tersebut.
  11. 13.9 Jika pengembalian atas Pesanan (Barang sudah diterima oleh Pengguna) dikirimkan sendiri oleh Pengguna, maka SUSEN Indonesia akan mengganti biaya kirim returnya apabila:
    1. a. Alasan pengembalian Pesanan yang diajukan Pengguna bukan merupakan alasan pribadi/berubah pikiran.
    2. b. Pengguna dapat menunjukkan/melampirkan bukti resi pengiriman yang sah.
  12. 13.10 Biaya kirim yang dibayarkan Pengguna akan diganti SUSEN Indonesia sesuai dengan tarif reguler jasa logistik yang bekerja sama dengan SUSEN Indonesia.
14. Pelanggaran
  1. 14.1 Jika diduga/ditemukan indikasi pelanggaran/penyalahgunaan yang dilakukan Pengguna yang merugikan SUSEN Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada :
    1. (a) Pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang sama; dan/atau
    2. (b) Nomor telepon yang sama; dan/atau
    3. (c) Alamat pengiriman yang sama; dan/atau
    4. (d) Nomor rekening/kartu kredit/debit/identitaPengembangan Sistemspembayaran yang sama; dan/atau
    5. (e) Riwayat Pembelanjaan yang sama; dan/atau
    6. (f) Manipulasi/merekayasa Pembelanjaan, promosi, dan/atau voucher.
  2. 14.2 Sehubungan dengan ayat 14.1, maka SUSEN Indonesia berhak untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan, termasuk namun tidak terbatas pada:
    1. (a) Membatalkan Pesanan Pengguna;
    2. (b) Menarik promosi, diskon, cashback, voucher atau benefit lainnya;
    3. (c) Meminta pengembalian subsidi promosi, diskon, cashback, atau benefit lainnya yang telah diterima Pengguna;
    4. (d) Tidak mengembalikan voucher yang telah digunakan;
    5. (e) Menutup dan menonaktifkan akun Pengguna;
    6. (f) Membatalkan atau melakukan deaktivasi voucher yang telah diterbitkan sebelumnya;
    7. (g) Menempuh jalur hukum jika merugikan secara finansial.
Komunikasi Elektronik
Ketika Pengguna menggunakan layanan yang ada di SUSEN Indonesia, Pengguna setuju untuk berkomunikasi dengan SUSEN Indonesia secara elektronik seperti melalui email, telepon, media sosial, live chat, dan sebagainya.
Kebijakan Privasi
Pengguna dapat melihat Kebijakan Privasi SUSEN Indonesia yang berisi tentang cara mengumpulkan, menggunakan, atau mengungkapkan informasi pribadi Pengguna, dan praktik perlindungan Pengguna di Platform SUSEN Indonesia. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, Pengguna juga menyetujui seluruh isi Kebijakan Privasi SUSEN Indonesia yang tertera di dalam Platform SUSEN Indonesia.
15. Hak Kekayaan Intelektual
  1. 15.1 PT Home Center Indonesia adalah pemilik tunggal atau pemegang sah semua hak atas Platform SUSEN Indonesia dan seluruh Konten yang ada di Platform SUSEN Indonesia.
  2. 15.2 Tidak ada bagian-bagian dari Platform SUSEN Indonesia yang dapat direproduksi, direkayasa, dipisahkan, diubah, didistribusikan, republished, ditampilkan, disiarkan, ditautkan (hyperlinked), direfleksikan (mirrored), disusun (framed), ditransfer atau dikirim dengan cara apapun atau disimpan/dipasang dalam suatu sistem pencarian informasi atau dipasang pada suatu server, sistem atau peralatan, tanpa izin tertulis sebelumnya dari SUSEN Indonesia atau dari pemilik hak cipta yang bersangkutan.
  3. 15.3 Izin hanya akan diberikan kepada Pengguna untuk mengunduh, mencetak atau menggunakan konten Platform SUSEN Indonesia hanya untuk penggunaan pribadi dan non-komersial, dengan ketentuan Pengguna dilarang mengubah, merekayasa, modifikasi atau merusak konten SUSEN Indonesia dalam bentuk apapun.
16. Pengembangan Sistem
Untuk memberikan kenyamanan lebih pada pengalaman berbelanja Pengguna, SUSEN Indonesia rutin melakukan pengembangan sistem selama beberapa waktu. Selama berjalannya proses tersebut, maka SUSEN Indonesia berhak setiap saat membatalkan Pesanan Pengguna apabila ditemukan ketidaksesuaian yang dapat merugikan Pengguna ataupun SUSEN Indonesia.
17. Pelepasan
Jika Pengguna memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pihak, Pengguna melepaskan SUSEN Indonesia (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan Karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan perselisihan atau sengketa tersebut. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.
18. Ganti Rugi
Pengguna akan melepaskan SUSEN Indonesia dari tuntutan ganti rugi dan menjaga SUSEN Indonesia (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan Karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Pengguna melanggar Kebijakan Privasi dan Syarat dan Ketentuan ini, penggunaan layanan SUSEN Indonesia yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran Pengguna terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.
19. Ketidakabsahan
Bilamana bagian dari Syarat dan Ketentuan ini menjadi tidak sah atau tidak dapat diberlakukan karena hukum dan peraturan yang berlaku, Pengguna menyetujui bahwa ketidakabsahan tersebut tidak mempengaruhi bagian lain pada Syarat dan Ketentuan ini. SUSEN Indonesia akan berusaha untuk memperbaharui ketentuan tersebut supaya menjadi sah dan tidak melanggar hukum.
20. Perselisihan dan Pilihan Hukum
Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum Republik Indonesia. Segala perselisihan yang mungkin timbul antara Pengguna dan SUSEN Indonesia sehubungan dengan penggunaan layanan SUSEN Indonesia akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.
21. Perbedaan Informasi
Jika terjadi adanya perbedaan promosi, Syarat dan Ketentuan serta informasi apapun yang tertera pada Platform SUSEN Indonesia dan di luar Platform SUSEN Indonesia, maka informasi, promosi, serta Syarat dan Ketentuan yang berlaku adalah yang tertera pada Platform SUSEN Indonesia (website : www.susen.co.id )
22. Perubahan
  1. 22.1 SUSEN Indonesia setiap saat berhak secara sepihak untuk melakukan perubahan pada Platform, Kebijakan Privasi, serta Syarat dan Ketentuan layanan, termasuk namun tidak terbatas pada promosi, harga Produk, konten, biaya pengiriman, biaya layanan, , dan biaya survei.
  2. 22.2 Syarat dan Ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna. Pengguna diharapkan selalu membaca setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku di SUSEN Indonesia dengan seksama.